Kamis, 14 November 2013

Jaringan Xilem

Jaringan Xilem

Jaringan Xilem atau Jaringan Pengangkut Pada Tumbuhan
     
     Jaringan tumbuhan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini adalah jaringan xilem, jaringan pengangkut pada tumbuhan.Jaringan pengangkut bertugas mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Ada 2 macam jaringan yakni xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh lapis/pembuluh kulit kayu. Jaringan Xilem terdapat pada bagian kayu tanaman, bertugas mengangkut air dan garam-garam mineral terlarut dari akar ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Berkas pembuluh xilem (pembuluh kayu) terdiri atas buluh kayu, trakeid dan serabut xilem. 
       Buluh kayu adalah sel mati yang bentuknya memanjang berupa saluran. Saluran yang satu dengan saluran yang lain saling menyambung. Saluran ini berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke seluruh tubuh tanaman. 
       Trakeid merupakan komponen penyusun berkas pembuluh xilem yang tersusun atas sel-sel berbentuk lancip dan panjang dengan dinding sel yang berlubang-lubang. Dinding trakeid memiliki pori untuk meneruskan air dan mineral ke sel di sekitarnya. 
       Serabut kayu atau serabut xilem berbentuk panjang dengan ujung-ujungnya saling berhimpit. Serabut xilem ukurannya lebih kecil dan lebih lancip daripada trakeid.

Unsur - unsur Jaringan Xilem:
  • Unsur trakeal terdiri dari trakea yang sel-selnya berbentuk tabung dan trakeid yang sel-selnya lancip panjang, dinding selnya berlubang-lubang
  • Serabut Xilem yang terdiri dari sel-sel panjang dan ujungnya meruncing
  • Parenkim kayu yang berisi berbagai zat seperti cadangan makanan, tannin dan Kristal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar